Penemuan Shofie di Tahun Baru

Sebenarnya, saya termasuk orang yang menanggapi biasa-biasa saja dengan pergantian tahun. Yah, sama dengan hari lainnya. Tapi, rupanya pergantian tahun kali ini mempunyai arti penting buat Shofie, karena dia jadi menemukan ‘sesuatu’. Emaknya lebay :p

Rupanya, pergantian tahun yang diikuti dengan pergantian kalender di rumah, membuat Shofie jadi lebih sering memperhatikan kalender lama dan baru. Pengamatan itu menjadi pembelajaran tersendiri buat Shofie. Dia bisa menemukan beberapa hal, tanpa saya harus ‘mencekoki’nya.

Hal pertama yang menjadi penemuannya adalah pergantian tahun.
“Oh, jadi … kalau bulan Desember sudah habis, terus Januari, tahunnya ganti, ya! Kemarin, kan, 2013, setelah Januari jadi 2014.” Dia berkata sambil manggut-manggut :d

Beberapa waktu kemudian, dia terlihat membandingkan satu kalender dengan kalender lainnya. Tiba-tiba dia berteriak kebingungan. “Mama! Di kalender ini, tanggal 31 bulan Maret merah, kok, yang ini enggak ada?”
“Masa, sih, Dik?” Saya pun ikut memperhatikan kalendarnya.
Ternyata, karena di kalendar yang satu, angka 31 tertulis kecil, yang membuat luput dari perhatiannya.
Obrolan ini menunjukkan, dia paham bahwa semua kalender apapun modelnya harusnya sama.

Dan terakhir, lama berselang dari obrolan di atas … dia cengar-cengir memberi tebakan pada saya.
“Mama, aku tahu, lho, satu tahun itu ada berapa bulan. Mama tahu enggak?”
Saya sempat bingung sebentar, mau menjawab atau enggak, ya? Tapi akhirnya saya jawab juga, “Duabelas bulan, ya?”
“Lho, kok, Mama tahu, sih?” katanya heran :d “Aku tuh mikir-mikir sendiri, lihat-lihat di kalender, jadi tahu kalau setahun ada duabelas. Mama dulu tahunya gimana?”
“Wah, Mama lupa, Dik,” jawab sambil nyengir. Iya, ya? Dulu kok bisa tahu, prosesnya gimana, ya?

Yah, sebenarnya hanya penemuan sepele untuk anak yang berusia menjelang tujuh tahun. Tapi hal ini membuat saya semakin yakin, bahwa anak benar-benar seorang self learner sejati, dia bisa berpikir mandiri.

5 thoughts on “Penemuan Shofie di Tahun Baru

  1. Tu feras une vraie Diane Arbus de toi à parcourir montréal avec cet appareil. J&a7812;#i vue chez B&H que Kodak offre toujours du film noir et blanc de marque Rolei!

Leave a Reply

