Lapbook dari Kardus Snack

Beberapa hari ini, setiap malam Shofie belajar aqidah dari buku “Pendidikan Tauhid untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas 1”. Sebuah buku yang disusun berdasarkan kurikulum standar kerajaan Saudi Arabia.

Saya mendapat rekomendasi buku bagus ini dari teman, pada saat Shofie sering minta ‘buku belajar’, sebutan Shofie untuk buku aktivitas. Untuk anak seumur dia, buku aktvitas yang ada palingan matematika, mewarnai, dan, menghubungkan titik, lain sebagainya. Dia sudah tidak begitu tertarik. Apalagi, saya juga ingin buku aktivitas lain yang lebih ‘manfaat’. Sebenarnya, di internet banyak lembar kerja yang bertema agama, sains, dan lainnya. Namun, semua itu berbahasa inggris. Shofie tidak mau :p

Setelah beberapa hari belajar dengan cara membaca dan mengerjakan soal dari buku itu, saya jadi mikir-mikir. ‘Seharusnya, Shofie enggak hanya begini dalam mempelajari buku ini. Baca dan mengerjakan soal saja apakah ‘masuk’ dalam benak dan hatinya, ya?’ Namun, saya tak mendapatkan solusi.

Qadarullah, teman saya Retnadi Nuraini, sharing tentang lapbook. Jujur, saya kurang kreatif untuk membuat seperti itu. Tapi, melihat link yang dia tautkan, saya jadi tertarik. Apalagi, contoh lapbook itu adalah “Allah Maha Pencipta”, pas sekali dengan yang sedang dipelajari Shofie di buku Tauhid itu.

Dengan membuat lapbook, tentunya materi ini akan lebih tertanam di hati anak, selain dia juga akan lebih kreatif. Ya, sebenarnya Shofie sangat suka craft. Namun, karena saya orangnya tidak kreatif dan … malas (alasan utama yang harus dibasmi, nih!), saya sangat kurang memfasilitasinya.
Suatu siang setelah rutinitas tiduran (istirahat) sambil baca buku (Shofie tak pernah tidur siang), saya perlihatkan gambar lapbook dari internet ini pada Shofie. Dia semangat untuk membuat.

Saya ambil kardus bekas snack untuk kartonnya. Tentu saja dibuka steplesnya. Shofie sendiri yang membuka steples-steplesnya itu. Dan setelah dibuka, malah tamak bagus, karena lipatannya sudah terbentuk. Selesai dibuka, mulailah saya membuat judul. Shofie langsung paham. Kardus dia minta, dan dia buat sendiri lanjutannya. Setelah itu dia juga yang menggambar.

Saya terpikir untuk menjadikan ini sebagai bahan belajar bahasa Arab dan Inggris sekalian. Emak enggak mau rugi :p Jadilah, saya tuliskan gunung, bintang, dan lainnya dalam dua bahasa. Saya pintar bahasa Arab? Hohoho … enggak, dong! Saya nyontek dari kamus online, kok.

Tuh, kan kelihatan penuh sekali gambarnya! Penuh tulisan!

lapbook
Kami mengerjakan ini sekitar satu jam, namun baru sampai membuat gunung dan malam hari saja. Kegiatan kami hentikan karena Shofie mau ngaji ke mushala dekat rumah. Bagi dia, ngaji adalah main, jadi ya tetap semangat berangkat walaupun sedang asyik membuat lapbook :d

Malamnya, baru kami lanjutkan lagi. Yaitu tentang Allah menciptakan tumbuhan dan hewan. Shofie punya ide menempel gambar hewan, jadi tidak digambar. Dia mencari sendiri buku yang ada gambar hewannya, kemudian difotokopi warna, baru digunting dan ditempel. Hewannya kebanyakan dinoasaurus, jadi enggak saya tulis bahasa Arabnya haha! Awalnya, padahal saya udah kepikir menggambar atau mencarikan gambar hewan seperti kelinci, kuda, unta, dan lain-lain (hewan-hewan ini sedang dipelajari bahasa Arabnya di pondoknya :d). Tapi karena Shofie sudah memutuskan itu, ya, sudah :d

Sedangkan untuk bab tumbuhan, dia gambar sendiri. Katanya, “kalau tumbuhan, sih, gampang!” Apalagi dia lagi suka gambar pohon kelapa. Saya ikut gambar juga. Tangannya ikutan gatel pengin corat-coret juga, hihi.
Dan … inilah lapbook perdana buatan Shofie dan Mama :d

Kebetulan sore tadi, Papa membawa pulang snack yang dikardusin. Kata Shofie, “Nanti bikin lagi pakai kardus itu ya, Ma!
Wew! Bikin tema apa, ya? Kardusnya agak besar, nih!

Advertisements

4 thoughts on “Lapbook dari Kardus Snack

  1. wkwkwk….di rumah banyak dus kosong bekas snack, bisa lho dipake kalo Shofie mau buat lapbook yg banyak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s