[Writerpreneur] Tips Jualan: Paket Buku

Sudah bukan hal aneh lagi, sekarang ini banyak penulis jualan buku yang ditulisnya sendiri. Hal yang rasanya masih jarang dilakukan sekitar sepuluh tahun yang lalu. Atmosfir industri buku sepertinya telah membentuk penulis untuk melakukan ini.

Selain itu, pembeli juga lebih suka bila mendapatkan buku langsung dari penulisnya. Selain tanda-tangan, tak jarang penulis memberikan diskon. Hubungan pembaca-penulis juga semakin dekat.

Seorang penulis, biasanya menulis beberapa buku. Baik dari penerbit yang sama maupun berbeda. Nah, agar jualan semakin oke, menjual buku dalam bentuk paketan bisa menarik perhatian pembeli. Apalagi masih ditambah diskon.
image

Hal ini pernah saya lakukan saat punya dua buku yang terbit bersamaan. Satu buku anak, “99 Nama dan Sifat Allah”, satu lagi buku parenting (kocak), “Oyako no Hanashi”. Satu paket buku itu saya jual Rp65.000,-. Murah banget. Harga buku “99 Nama Indah Allah” adalah Rp49.000,- dan “Oyako no Hanashi” Rp36.000,- Lumayan, bisai irit Rp23.000,-. Hehehe … kebetulan pihak penerbit memberikan diskon buku pada penulis agak lumayan. Jadi bisa murah. Namun, nggak harus banting-banting harga banget, sih. Pokoknya jangan sampai kita rugi. Harus tetep untung minimal lima ribu. Biaya bungkus dan wira-wiri ke kurir, kan, lumayan.
 image

Kini, saya kembali jual paket buku.

Buku “99 Nama dan Sifat Allah” cetak ulang ke tiga, dengan kaver dan judul baru, “99 Nama Indah Allah”. Pada saat hampir bersamaan saya juga mempunyai buku “Anakku Tiket Surgaku”. Kedua buku ini saya jual paket dengan harga Rp90.000,-.

Harga “99 Nama Indah Allah” adalah Rp55.000,- dan “Anakku Tiket Surgaku”, Rp57.000,-. Ada penghematan sebesar Rp22.000,-. Lumayan juga, kan?

Alhamdulillah, paket ini cukup ‘berhasil’ menarik minat pembeli. Sampai saat ini, lebih dari 20 paket sudah terjual. 

Monggo, barangkali ada yang mau mencoba jualan paketan :d

Advertisements

One thought on “[Writerpreneur] Tips Jualan: Paket Buku

  1. Pingback: Testimoni Mengharukan | Oyako no Hanashi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s