Teka-Teki Dongeng Nusantara

Teringat satu buku, yang sudah lama hampir kuabaikan, nyaris terlupakan. Hiks… berasa jadi emak tiri banget, deh.

nusantara3

Kok tiba-tiba ingat? Ceritanya begini. Beberapa waktu lalu, seorang teman lama memesan satu set buku Seri Pengalaman Seruku. Masya Allah, katanya anak sukaaa banget. Kembang kempis, dong, hidung saya mendengarnya. Apalagi, sampai minta saya nulis buku lagi, dan pesen pakai nama dia hihi. Rupanya, si bocah lucu ini cemburu, karena nama dia gak ada, sementara nama temennya ada. Haha. Saya ceritain ini sama suami, dia pun ikutan ngakak.

Berlanjut, temen saya nanya ada buku apa lagi. Alhamdulillah, ketika pembaca puas dengan satu buku kita, insya Allah, mereka akan ketagihan. So, pertahankan selalu kualitas penulisan. Ciee. Eh, ditanya ada buku apa lagi, saya malah bingung. Punya pictorial book apa lagi, ya? Ubek-ubek, nemu buku “Teka-Teki Dongeng Nusantara”. Ya Allah… kok sampai lupa punya buku ini?? Nggak pernah promosi, nggak pernah jualan. Padahal buku ini asyik, loh.

Akhirnya, deal deh. Teman saya beli buku itu. Dan… lagi-lagi, doi puas. Malah lebih seneng dibandingkan waktu baca seri Pengalaman Seruku, kayaknya hehe. Kelihatan di BBM, kayak lebih semangat gitu, deh. Dia mengabarkan anaknya sukaaa banget ama bukunya. Langsung ambil pensil, mengerjakan aktivitasnya. Anaknya paling suka aktivitas yang mencari rintangan (baca: maze). Katanya, lebih seneng lagi, karena di bukunya aku kasih nama dia, dan ada tanda lope-lope hihi.

img_20161030_214829

Sebentar… ini buku aktivitas atau pictorial book?
Jawabnya adalah dua-duanya, hehe.
Buku tentang cerita rakyat sudah buanyaak sekali ada di pasaran. Namun, selalu saja ada buku baru dengan tema ini. Artinya apa? Buku tema ini laku di pasaran. Nah, agar tidak membosankan, tentulah harus mencari diferensiasi, alias kekhasan tersendiri yang membuatnya berbeda dengan buku kebanyakan.

Berasa terhormat banget, ketika saya yang diminta untuk menuliskannya. Ide dari editor ini keren sekali. Jadi, buku ini berbentuk pictorial book, tapi ilustrasinya tak sekedar gambar biasa. Di sana ada permainannya. Bisa maze, mencari dan menghitung gambar, memadu-padankan kata, dan lain-lain. Saya jadi mikir dua kali ketika menuliskan panduan ilustrasi. Repot? Iya, sih. Tapi asyik. Seperti main teka-teki juga akhirnya, walaupun tugas saya kali ini adalah sebagai si pembuat soal teka-teki hehe.

Dalam buku ini ada empat cerita rakyat yang dipilih berdasarkan isi ceritanya. Tentang apa? Tentunya yang berhikmah dan pas buat anak. Ortu biasanya cinta banget deh ama si hikmah ini, hihi. Awalnya, saya diminta mengajukan beberapa judul cerita rakyat, dan terpilihlah; Timun Mas, Biwar Penakluk Naga, Semangka Emas, dan Malin Kundang. Semuanya dengan hikmah yang berbeda-beda, tentang keberanian, sifat dermawan, dan bakti kepada orangtua. Semuanya ditulis dengan gaya anak kecil banget. Namanya juga buku aktivitas 🙂

photogrid_1452924609807

***
TEKA-TEKI DONGENG NUSANTARA
Penulis : Aan Wulandari U
Penerbit : Tiga Ananda
Ukuran : 23 x 21 cm
Cover : Soft Cover
Isbn : 9786023660872
Berat : 200 gram

Harga : 36.000

 

SINOPSIS

“Kalian suka membaca dongeng nusantara?
Kalau hanya membaca, itu, sih, biasa.

Di buku ini, selain membaca kisah serunya, kalian juga dapat memecahkan berbagai teka-teki di dalamnya.
Kalian dapat membantu Timun Mas mengalahkan raksasa, membantu Biwar mengalahkan sang naga, membantu Dermawan menemukan semangka emas, dan membantu tokoh-tokoh yang lain. Seru, kan?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s